Kamis, 22 Oktober 2009

WALHI Minta SBY Umumkan Indonesia Krisis Ekologis

Senin, 19/10/2009 05:23 WIB
Amanda Ferdina - detikNews

WALHI Minta SBY Umumkan Indonesia Krisis Ekologis


Jakarta - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) meminta pemerintah SBY mendatang mengumumkan keadaan darurat ekologis Indonesia. Walhi menyatakan keadaan lingkungan hidup dan sumber daya alam (SDA) Indonesia berada pada titik kritis dan mengancam keberlangsungan kehidupan rakyat.

"Keadaan kritis dan darurat ekologis ini dipicu oleh kebijakan pembangunan yang bercorak eksploitatif, liberal, berorientasi pasar, dan tidak berkelanjutan secara ekologis," ujar Direktur Eksekutif Nasional Walhi Berry Nahdian Forqan dalam siaran pers kepada detikcom, Minggu
(18/10/2009) malam.



Berry menambahkan, negara, pemodal dan sistem pengetahuan modern telah mereduksi alam menjadi onggokan komoditi yang bisa direkayasa dan dieksploitasi demi keuntungan ekonomi jangka pendek. "Sehingga pada gilirannya, berbagai bencana seperti kebakaran hutan, gagal panen, banjir, dan kekeringan telah menjadi bencana yang diderita rakyat dari tahun ke tahun," jelasnya.

Pasal 28H dan 33 ayat (3) mengenai lingkungan hidup dan SDA, lanjut Berry, tidak dijadikan landasan ekonomik dalam pembangunan 5 tahun terakhir. Sehingga Walhi melansir, angka deforestasi hutan saat ini tidak kurang dari 2 juta hektar per tahun dan hutan tersisa hanya 39,9 juta per hektar. (amd/mok)


taken from : www.detiknews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Name:
URL: